Posted by : Unknown Saturday, December 28, 2013

Postingan kali ini sedikit banyaknya terinspirasi dari postingan Saudara Ulil Amri mengenai Algoritma Bilangan Prima. Kalo postingan tersebut bercerita tentang soal yang ditemukan beliau sebagai pengawas, postingan yang ini akan lebih bercerita mengenai soal yang saya temukan sebagai praktikan yang mau tak mau, rela tak rela harus berhasil memecahkan soal tersebut.

Soal yang saya dapatkan sederhana saja "Buatlah dengan javascript, masukkan angka ke dalam textbox untuk n, ketika di klik button "Proses" maka akan muncul jumlah deret fibonacci ke-n tersebut."

Deret Fibonacci adalah barisan bilangan yang suku setelahnya merupakan hasil jumlah dua suku sebelumnya, yang biasanya suku awalnya dimulai dengan 0 dan 1.

Untuk membuat script program ini saya sempat browsing untuk mencari pencerahan dan akhirnya menemukan pencerahan untuk algoritmanya dari sebuah sumber yang saya lupa dimana. Dengan sedikit memodifikasi algoritma tersebut dan mengubahnya menjadi kode javascript, beginilah sintaksnya:



Dengan script tersebut, saya mencoba memasukkan nilai n-nya 10 maka muncul hasilnya 88, lalu untuk n= 115 muncul hasil 7.817740794309875e+23 (yang awalnya saya sempat mengira kalo scriptnya error, tapi ternyata memang notasi kalkulatornya seperti ini yang artinya 7.817740794309875 x 10^23).

Demikian sedikit sharing ilmu saya pada postingan kali ini mengenai javascript untuk program sederhana. Semoga bermanfaat, kritik dan saran sangat diterima. :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Laboratorium Pemrograman dan Basis Data -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -