Archive for 2013-10-06
Object Oriented Programming (OOP) 3
INTERFACE
Interface atau diartikan
dalam bahasa indonesianya adalah antarmuka, atau secara fungsi adalah alat
untuk menghubungkan benda-benda lain secara langsung untuk dapat berinteraksi.
Makna dalam bahasa pemrograman sendiri interface dapat didefinisikan sebagai
koleksi /kumpulan definisi metode-metode dan variabel-variabel konstan, namun
tanpa implementasi. Implementasi akan dilakukan oleh kelas-kelas yang
mengimplements interface ini. Tanpa implementasi di sini tidak seperti pada
kelas abstrak yang merupakan metode-metode yang tidak melakukan apa-apa,
melainkan hanya sekedar nama metode saja.Sebuah kelas tidak dapat
menjadi subkelas dari beberapa superkelas, melainkan hanya bisa menjadi
subkelas dari satu superkelas saja. Hal ini membuat desain program lebih rapi
dan teratur, sehingga dapat mengurangi kompleksitas program. Namun, terkadang
hal ini dapat menjadi suatu kendala yang tidak menyenangkan, misalnya saat kita
membutuhkan suatu kelas yang memiliki sifat-sifat dari dua atau lebih kelas
lain. Nah disinalah fungsi interface itu dapat memberikan sebuah alternatif
jalan keluar.
contoh pemakaian interface :
<?php
interface IBidangDatar
{
//tidak perlu memakai kata public, karna pada interface telah default public
function hitungluas();
function hitungkeliling();
//pada interface tidak ada attribut / properties dan method kongkrit
}
class persegi implements IBidangDatar
{
public $p;
public $l;
public function hitungluas()
{
$luas = $this->p * $this->l;
echo "Luas ".__CLASS__." : ".$luas."<br>";
}
public function hitungkeliling()
{
$keliling = 2 * ($this->p + $this->l);
echo "Keliling ".__CLASS__." : ".$keliling."<br>";
}
}
$persegipanjang1 = new persegi();
$persegipanjang1->p = 3;
$persegipanjang1->l = 6;
$persegipanjang1->hitungluas();
$persegipanjang1->hitungkeliling();
?>
interface IBidangDatar
{
//tidak perlu memakai kata public, karna pada interface telah default public
function hitungluas();
function hitungkeliling();
//pada interface tidak ada attribut / properties dan method kongkrit
}
class persegi implements IBidangDatar
{
public $p;
public $l;
public function hitungluas()
{
$luas = $this->p * $this->l;
echo "Luas ".__CLASS__." : ".$luas."<br>";
}
public function hitungkeliling()
{
$keliling = 2 * ($this->p + $this->l);
echo "Keliling ".__CLASS__." : ".$keliling."<br>";
}
}
$persegipanjang1 = new persegi();
$persegipanjang1->p = 3;
$persegipanjang1->l = 6;
$persegipanjang1->hitungluas();
$persegipanjang1->hitungkeliling();
?>
Sekian penjelasan saya kali ini, mohon maaf apabila ada yang salah, dan saya harap teman-teman dapat mengerti ^_^
penulis :
penulis :
Devo Frihandana
Twitter :
Twitter :
@devofrihandana
Referensi:
http://www.dkrebodesign.com/2013/02/contoh-penggunaan-interface-di-php5.html
Berkomputer Secara Ergonomis
Berkomputer dengan menerapkan prinsip-prinsip
ergonomis merupakan cara jitu dalam menghindari ketidaknyamanan yang pada
akhirnya akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti yang dijelaskan di atas.
Berikut beberapa panduan cara kerja dan pengaturan tempat maupun perangkat
kerja yang akan mampu menghindarkan anda dari ketidaknyamanan berkomputer.
Seperti penjelasan di atas, postur dan posisi yang salah dalam pemakaian keyboard maupun mouse potensi menyebabkan gangguan Carpal Tunnel Syndrome.
Tempat kerja
Bagaimana anda mengatur elemen atau komponen tempat
kerja anda sehingga sesuai dengan kebutuhan merupakan faktor paling penting
untuk mendapatkan kondisi kerja yang nyaman. Luangkan waktu beberapa menit
sebelum anda berkerja, pikirkan dan tentukan bagaimana layout dan posisi
terbaik perangkat kerja anda (komputer, telepon, dll) dan bagaimana tempat
kerja anda dapat dimanfaatkan secara efektif. Langkah ini akan dapat menghemat
waktu dan tenaga anda dalam menyelesaikan pekerjaan.
Pastikan bahwa :
- Cukup tempat di meja anda untuk menata posisi
yang paling nyaman untuk cpu, monitor, keyboard, mouse, printer, penyangga
buku, dan piranti lainnya seperti telpon, dll
- Atur meja anda dengan mempertimbangkan
bagaimana perangkat itu akan digunakan. Perangkat yang paling sering
digunakan seperti mouse dan telepon, tempatkan di posisi yang paling mudah
dijangkau.
- Atur pencahayaan ruang kerja anda secara
optimal, cahaya yang terlalu kuat mengakibatkan tampilan monitor tidak
tajam, cahaya rendah potensi menyebabkan gangguan pada mata anda. Hindari
lampu yang menyorot langsung ke monitor karena akan memunculkan pantulan
di layar. Usahakan posisi sejajar terhadap jendela, jangan berhadapan atau
membelakangi.
- Buku, laporan, atau bahan cetakan lain yang
dibutuhkan dalam bekerja dengan komputer sebaiknya diletakkan di dekat
monitor. Bisa di bawah atau disampingnya.
Kursi
Kursi salah satu komponen penting di tempat kerja
anda. Kursi yang baik akan mampu memberikan postur dan sirkulasi yangbaik dan
akan membantu menghindari ketidaknyamanan. Pilih kursi yang nyaman, dapat
diatur, dan memiliki penyangga punggung.
Aturlah kursi sebagai berikut sehingga :
- Paha anda dalam posisi horisontal dan punggung
bagian bawah atau pinggang anda terdukung. Tanpa ini, punggung dan
pinggang anda berpotensi mendapatkan gangguan.
Bila kursi kurang dapat diatur, bagian bawah punggung dapat dibantu dengan diberi bantal. - Telapak kaki anda harus dapat menumpu secara
rata di lantai ketika duduk dan ketika menggunakan keyboard. Apabila tidak
dapat maka kursi anda mungkin terlalu tinggi dan anda dapat manfaatkan
penyangga kaki.
- Kadang-kadang ubahlah posisi duduk anda selama
bekerja karena duduk dalam posisi tetap dalam jangka lama akan mempercepat
ketidaknyamanan.
Keyboard
Sebagai
perangkat input, perangkat ini mutlak diperlukan dan selalu kita pegang ketika
kita bekerja dengan komputer. Untuk pemakaian yang nyaman usa hakan dalam
posisi sebagai berikut:
- Posisikan keyboard sehingga lengan anda dalam posisi relaks dan
nyaman, dan lengan bagian depan dalam posisi horisontal
- Pundak anda dalam posisi relaks tidak tegang dan terangkat ke atas.
- Pergelangan tangan harus lurus, tidak menekuk
ke atas atau kebawah.
- Ketika mengetik tangan harus ikut bergeser
kekiri kanan sehingga jari tidak dipaksa meraih tombol-tombol yang dimaksud.
- Jangan memukul tombol, tekan tombol secara
halussehingga tangan dan jari anda tetap relaks.
- Perimbangkan untuk memanfaatkan keyboard
ergonomik yang dirancang untuk dapat diatur sesuai ukuran jari dan posisi
lengan.
- Manfaatkan fitur shortcut dan macro untuk
melakukan suatu aktivitas di komputer. Misal ; Ctrl+C untuk menyimpan.
Shortcut / macro akan mampu mengurangi aktivitas penekanan tombol.
Seperti penjelasan di atas, postur dan posisi yang salah dalam pemakaian keyboard maupun mouse potensi menyebabkan gangguan Carpal Tunnel Syndrome.
Mouse
- Tempatkan mouse dekat dan di permukaan yang sama dengan keyboard
sehingga anda dapat meraih dan menggunakannya tanpa harus meregangkan
tangan ke posisi yang berbeda
- Pegang mouse secara ringan dan klik dengan
tegas. Gerakkan mouse dengan lengan, jangan hanya dengan pergelangan anda.
Jangan tumpukan pergelangan atau lengan bagian depan di meja ketika anda
menggerakkan mouse
- Untuk jenis rolling-ball mouse ,bersihkan
mouse secara periodik karena mouse yang kotor akan mengganggu pergerakan
kursor dan menyebabkan pergelangan menjadi tegang.
- Pertimbangkan untuk menggunakan scroll-point
mouse, sehingga gerakan scrolling di layar dapat lebih mudah dilakukan.
- Gunakan optical mouse untuk memperoleh gerakan
kursor yang lebih presisi. Pekerjaan di bidang Cad/grafis sebaiknya
menggunakan mouse jenis ini. Usaha untuk mengarahkan kursor secara presisi
akan cenderung meningkatkan ketegangan di otot lengan dan bahu.
Monitor
- Posisi layar monitor sedemikian rupa sehingga
dapat meminimalisir pantulan cahaya dari lampu, jendela atau sumber cahaya
lainnya. Apabila tidak memungkinkan untuk mengatur posisi layar monitor,
pertimbangkan untuk memasang filter di depan layar monitor
- Untuk kenyamanan, atur monitor sehingga mata
anda sama tingginya dengan tepi atas layar, sekitar 5-6cm di bawah bagian
atas casing monitor. Monitor yang terlalu rendah akan menyebabkan leher
dan pundak anda nyeri.
- Atur posisi sehingga jarak anda dan monitor
berkisar 50cm – 60 cm. Monitor yagn terlalu dekat mengakibatkan mata anda
tegang, cepat lelah, dan potensi gangguan penglihatan
Posisi monitor tepat lurus di depan anda, jangan sampai memaksa kepala anda menoleh untuk melihat layar. - Sedikit tengadahkan monitor sehingga bagian
atas monitor sedikit kebelakang.
- Atur level brightness dan contrast monitor
senyaman mungkin. Jangan terlalu redup jangan terlalu terang. Ketika
kondisi cahaya di ruang anda berubah, sesuaikan lagi brightness dan
contrast monitor
- Bersihkan layar monitor secara periodik. Layar
yang kotor akan menimbulkan efek pantulan dan tampilan buram.
- Apabila anda mengalami kesulitan untuk melihat
tampilan layar dengan jarak 50-60 cm, coba besarkan tampilan atau resolusi
layar. Apabila resolusi 1024×768 terlalu kecil, ubah ke 800×600. Juga atur
warna dan ukuran font apabila perlu
Sumber: tugas kommas semester II
Review Windows 8.1
1.sudah disediakannya fitur opsi shutdown baru yang ditemukan di menu 'Power User', yang dapat Anda buka dengan menekan Windows X atau dengan mengklik kanan bawah-pojok kiri desktop.
2. Meratakan learning curve
kotak tebal muncul setelah instalasi, mengidentifikasi dengan baik berbagai sudut dan menjelaskan bagaimana menggunakannya.
3. Penggunaan kalibrasi
kemampuan Windows 8.1 ' untuk memiliki tiga atau lebih aplikasi terbuka sekaligus.
Jika Anda memutuskan untuk membagi layar interface, Microsoft membuat transisi lebih mudah dengan beberapa tambahan UI-spanning yang benar-benar membantu.
Microsoft telah meningkatkan lock screen sehingga Anda dapat menjawab panggilan Skype dan snap jepretan kamera tanpa membuka aplikasi.
4. Iterating into the future
Pada umumnya,Windows 8.1 versi RTM (yaitu, versi bersama dengan produsen) sebagian besar mencerminkan Windows 8.1 Preview-itu dikemas dengan banyak fitur baru, rahasia tersembunyi baru, dan bahkan sejumlah aplikasi baru
Hampir semua aplikasi di Windows 8.1 ' terlihat sudah mengalami perbaikan semacam; app Mail seperti diatas.
Jendela Windows 8,1 mewujudkan "One Microsoft, all the time" keyakinan dalam beberapa hal yang benar-benar mengejutkan.
Secara keseluruhan, Windows 8.1 adalah sistem operasi Windows 8 yang seharusnya memang di upgrade. Apakah itu sudah sempurna? Tidak. Ia bahkan tidak memiliki semua fitur yang kita ingin lihat. Pada intinya, Windows 8.1 masih menggunakan antarmuka tablet digabung bersama-sama dengan desktop UI, suatu gabungan yang funky hibrida lama dan baru. UIyang modern masih terlihat , dan diketahui masih berjalan dua arah.
Writer by:
Khairu Alman
http://www.pcworld.com/article/2048508/windows-8-1-review-the-great-compromise.html
Java Database Connectivity (JDBC)
JDBC (Java database
connectivity) adalah spesifikasi standar dari JavaSoft API (Aplication Programming Interface) yang
memungkinkan program Java untuk mengakses DBMS (Database Management System), baik
itu MySQL, Oracle, Sybase, PostgreSQL dan DBMS lainnya. JDBC API terdiri dari satu set interface dan kelas yang ditulis dalam
bahasa pemrograman Java. JDBC API Menggunakan interface dan kelas standar, programmer dapat menulis aplikasi yang terhubung
ke database, mengirimkan pertanyaan ditulis SQL (Structured Query Language),
dan memproses hasilnya.
Dalam pemrograman JDBC terdapat
komponen-komponen sebagai berikut:
1)
Driver
Interface ini menangani komunikasi dengan database server dan
mengenkapsulasi proses internal dalam interaksi dengan database. Anda akan jarang
berurusan secara langsung dengan Objek Driver tetapi akan banyak berurusan
dengan DriverManager.
2)
DriverManager
DriverManager digunakan untuk menangani objek Driver dimana objek
DriverManager juga mengabstraksi detail dari proses kerja objek Driver.
3)
Connection
Objek ini merepresentasikan koneksi fisik ke database. Sifat
result set dan operasi transaksi dapat diatur dengan objek Connection ini.
4)
Statement
Objek dari interface ini digunakan untuk mengirimkan perintah SQL
ke database.
5)
ResultSet
Objek ini menyimpan data yang didapat dari database setelah Query
SQL dijalankan dengan menggunakan objek Statement. Objek ini bertindak sebagai
iterator untuk navigasi data.
6)
SQLException
Objek ini merupakan turunan dari Exception yang sering digunakan
untuk penanganan Error dari pemrograman JDBC.
JDBC API
konsisten dengan gaya inti interface Java dan kelas, seperti java.lang dan
java.awt. Tabel berikut ini menjelaskan antarmuka, kelas, dan pengecualian
(kelas dilempar sebagai pengecualian) yang membentuk API JDBC. Pada tabel,
interface milik paket javax.sql adalah ekstensi untuk antarmuka JDBC standar
dan yang terkandung dalam Java 2 SDK, Enterprise Edition.
Interface/class/exception
|
Deskripsi
|
|
Inetrfaces:
|
||
java.sql.Connection
|
Interface yang digunakan untuk membuat koneksi ke database.
pernyataan SQL dijalankan dalam konteks koneksi.
|
|
java.sql.DatabaseMetaData
|
Interface yang digunakan untuk mengembalikan informasi tentang
database.
|
|
java.sql.Driver
|
Interface yang digunakan untuk menemukan driver untuk sistem
manajemen database tertentu.
|
|
java.sql.PreparedStatement
|
Interface yang digunakan untuk mengirim kompilasi
pernyataan SQL ke server database dan memperoleh hasilnya.
|
|
java.sql.ResultSet
|
Interface yang digunakan untuk memproses dan mengembalikan
hasil dari pernyataan SQL yang di jalankan.
|
|
java.sql.ResultSetMetaData
|
Interface yang digunakan untuk mengembalikan kolom dalam sebuah
Object ResultSet.
|
|
java.sql.Statement
|
Interface digunakan untuk mengirim laporan statis SQL ke
server database dan memperoleh hasilnya.
|
|
javax.sql.ConnectionEventListener
|
Menerima event atau kejadian bahwa obyek PooledConnection
digeneralisasi.
|
|
javax.sql.ConnectionPoolDataSource
|
Pabrik untuk suatu PooledConnection. Sebuah objek
ConnectionPoolDataSource biasanya terdaftar dengan layanan JNDI.
|
|
javax.sql.DataSource
|
Sebuah pabrik untuk objek Connection. Sebuah objek DataSource
biasanya terdaftar dengan penyedia layanan JNDI.
|
|
javax.sql.PooledConnection
|
PooledConnection mewakili koneksi fisik ke sumber data.
|
|
Classes:
|
||
java.sql.Date
|
Subclass dari java.util.Date digunakan untuk tipe data SQL DATE.
|
|
java.lang.DriverManager
|
Class yang digunakan untuk mengelola satu set JDBC drivers.
|
|
java.sql.DriverPropertyInfo
|
Class yang digunakan untuk menutupi dan memasok properti untuk
koneksi.
|
|
java.sql.Time
|
Subclass dari java.util.Date digunakan untuk tipedata SQL TIME.
|
|
java.sql.TimeStamp
|
Subclass dari java.util.Date digunakan untuk tipedata SQL
TIMESTAMP.
|
|
java.sql.Types
|
Class yang digunakan untuk mendefinisikan konstanta yang
digunakan untuk mengidentifikasi tipe data standart SQL seperti CHAR,
INTEGER dan DECIMAL.
|
|
java.sql.String
|
Class yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis data teks
seperti CHAR.
|
|
Exception classes:
|
||
java.sql.SQLException
|
Eksepsi yang menyediakan informasi tentang Database error
|
|
java.sql.SQLWarning
|
Eksepsi yang menyediakan informasi tentang peringatan Database.
|
Generasi Komputer
1. Komputer
Generasi Pertama (1946 – 1959)
Awal mulanya komputer pada generasi pertama ini adalah saat terjadi perang
dunia kedua. Negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha
mengembangkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. .
Tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah
komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Pada
tahun 1943, pihak Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer pemecah kode
rahasia yang diberi namakan Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode
rahasia yang digunakan oleh negara Jerman.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika adalah menghasilkan suatu kemajuan
lain jika dibandingkan dengan sekutu. Seorang insinyur Harvard yang bernama
Howard H. Aiken (1900-1973) bekerja sama dengan IBM, berhasil menghasilkan
kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator itu berukuran sangat besar,
yaitu dengan panjang setengah lapangan sepak bola dan juga memiliki rentang
kabel sepanjang 500 mil (besar sekali bukan). Komputer itu adalah ; The
Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan
komputer relai elektronik.
Perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical
Integrator and Computer singkatannya adalah ENIAC, yang diciptakan berkat
kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer
ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik
solder, komputer ENIAC merupakan komputer yang sangat besar ia membutuhkan daya
sebesar 160kW. Komputer ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert [1919-1995]
dan John W. Mauchly [1907-1980], ENIAC merupakan komputer serbaguna [general
purpose computer] yang mampu bekerja 1000 kali lebih cepat jika dibandingkan
dengan komputer Mark I.
Pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann [1903-1957] bergabung dengan tim
University of Pennsylvania dalam usaha menciptakan konsep disain komputer yang
sampai 40 tahun yang akan datang masih dapat digunakan dalam teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer [EDVAC]
pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.
Pada tahun 1951, UNIVAC I atau kepanjangannya adalah Universal Automatic
Computer I yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama
yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann itu. Salah satu hasil yang
sangat mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah pada saat berhasil
memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden pada
Tahun 1952.
Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan
teknik komputer.
(1) Colassus
(2) Mark I
(3) ENIAC
(4) EDVAC
(5) UNIVAC I
Ciri komputer generasi pertama adalah:
- Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran
sangat besar)
- Adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.
- Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
- Setiap komputer memiliki program kodebiner yang berbeda yang disebut “bahasa
mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram
dan membatasi kecepatannya.
2. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Tahun 1948, penemuan transistor
sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga
mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran
besar menjadi ukuran yang lebih kecil.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah supercomputer pada
tahun 1956. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat
komputer bernama LARC. Komputerkomputer ini,yang dikembangkan untuk
laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan
yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan
cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya.
Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence
Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research
and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan
bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang
menggunakan singkatansingakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di
bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponenkomponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Pada tahun 1965, hampir seluruh
bisnis-bisnis besar memakai komputer generasi kedua sebagai alat untuk
memproses informasi keuangan perusahaan.
Ciri-ciri komputer pada generasi kedua:
- Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil
- Adanya pengembangan memori intimagnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya
- Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly
- Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN
3. Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagianbagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa.
Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen ke
dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi
semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
Ciri-ciri
komputer pada generasi ketiga:
- Penggunaan IC(Intregrated Circuit)
- Ukuran komputer menjadi lebih kecil
- Ditemukannya Sistem Operasi
4. Komputer Generasi Keempat (1970 – sekarang)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat
memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980 an, Very Large
Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
UltraLarge Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi
jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping
yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran
komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan
meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori,
dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC
dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah
mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh
kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga
seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection
dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orangorang biasa untuk menggunakan
komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan
besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahantahun 1970an, perakit komputer
menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputerkomputer ini,
yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah
digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu
adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980an, video game
seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk
penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak
dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh
tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju
ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop
computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau
bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
Ciri-ciri komputer pada generasi keempat:
•Digunakannya
LSI, VLSI, ULSI
• Digunakannya mikroprosesor
5. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini
masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer
fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space
Odyssey. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih
jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud.
Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar
manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.
Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih
rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia
sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan
kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan
pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah
kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model
von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak
CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi
superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,
yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek
komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology)
juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa
proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek
komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia.
Komputer generasi kelima difokuskan kepada Artificial Inteligence
(kecerdasan buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer
untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analogi tingkah laku manusia.
Ciri-cirinya:
• Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri.
• Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain.
• Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logik.
• Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya.
• Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan.
• Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan
mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
Monday, October 7, 2013
Posted by Unknown