Archive for 2013-08-18
Google Glass (Kacamata Google)
Apa sebenarnya yang dimiliki
Google Glass ? mengapa itu sangat nmenarik perhatian semua orang dan apa saja
dampak baik dan buruk memiliki google glass dari pandangan dunia ?
Apa itu Google Glass ?
Google Glass adalah sebuah usaha
untuk melepaskan data dari desktop computer dan device portable seperti
handphone dan tablet, dan menempatkannya tepat didepan mata kita.
Secara esensial, Google Glass
merupakan sebuah kamera,display,touchpad,battery, dan microphone. Dibangun
kedalam frame canggih agar kita dapat menggantungkan sebuah layar di area
pandangan kita,film, mengambil foto, melakukan pencarian dan menterjemaahkan
dengan baik tiap ucapan kita
Prinsipnya satu yaitu telah ada
dalam sekeliling kita selama bertahun-tahun dalam science fiksi. Dan pada
akhir-akhir ini itu menjadi sedikit nyata. Sebenarnya, heads-up display (layar
di kepala) atau peletakan data di area
pandangan kita menjadi sebuah kenyataan terjadi pada awal 1900an ketika
pandangan reflector di temukan.
Google Glass menggunakan
teknologi display sebagai pengganti untuk meletakkan data didepan mata kita oleh
sebuah screen prisma. Ini didesain supaya mudah dilihat tanpa menghalangi
pandangan.
Berikut beberapa hal yang perlu
kamu ketahui mengenai google glass
1.Ringan tetapi memiliki hardware
yang powerful
Tim proyek kacamata google telah
melakukan sesuatu yang hal yang luarbiasa mereka telah berhasil menggabungkan
semua fitur kedalam computer ringan didukung pada sebuah frame ringan yang
memiliki kemampuan yang luarbiasa juga.
Google glass dipaketkan dengan
Bluetooth , wi-fi, gps, sperakers, sebuah kamera, microphone, touchpad, dan
gyroscope yang memungkinkan mendeteksi gerakan kepala.
2.Melaksanakan setiap perintah
memiliki input suara, yang
membuat segalanya jauh lebih menarik. Built-in microphone dikombinasikan dengan
Google Now menghubungkan Anda langsung ke mesin pencari.
Anda aktifkan Google Now dengan
mengatakan "Okay Glass" kemudian mengirim perintah atau pertanyaan.
Memiringkan kepala Anda melakukan hal yang sama.
3.Selalu oncall
Dengan Kaca mampu merekam video,
juga dapat bertindak sebagai webcam dengan koneksi data dari rumah atau
smartphone. Anda dapat menggunakan Google Hangout untuk konferensi kelompok,
dan masih dapat melakukan apa yang perlu Anda lakukan tanpa terbatas pada meja.
4. Tidak pernah tersesat Lagi
Karena itu dibangun dengan chip
GPS, itu akan dapat membantu Anda menavigasi, dengan bantuan dari Google Maps
5. Berbaur Dengan Dengan Warga
Anda sekarang dapat mengkonversi
nilai mata uang, memahami sistem pengukuran atau menerjemahkan pertanyaan dan
jawaban mereka di tempat. Dapatkan fakta menyenangkan, tempat minum terbaik.
Dan masih banyak lagi yang
didapatkan dari google glass ini.
Dan masih banyak lagi yang didapatkan dari google glass ini.
Refrensi:
http://www.hongkiat.com/blog/google-glass/
10 things..
http://www.techradar.com/news/video/google-glass-what-you-need-to-know-1078114
google glass
writer by : khairu alman
Pointer
A.
Sejarah ditemukannya MOUSE
Mouse
pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada
tahun 1963. Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device)
yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard. Mouse pada
mulanya disebut “bug”
Mouse
pertama terbuat dari bahan kayu yang berukuran besar, dengan satu tombol dan
menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y.
Engelbart kemudian mematenkannya pada 17
November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan
grafis (X-Y Position
Indicator For A Display System).
Indicator For A Display System).
B. Perkembangan MOUSE
a. Mouse Dua Buah Roda
a. Mouse Dua Buah Roda
Mouse
pertama terbuat dari bahan kayu yang berukuran besar, dengan satu tombol dan
menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y.
Engelbart kemudian mematenkannya pada 17
November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan
grafis (X-Y Position
Indicator For A Display System).
Indicator For A Display System).
b. Mouse Bola
Perkembangan
selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia
menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola
tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut. Pengembangan
tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe Trackball, yaitu jenis mouse terbalik
dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari, yang populer antara tahun 1980
sampai 1990.
Cara
kerja :
Pada
prinsipnya mouse jenis ini akan mendeteksi gerakan tangan kita,untuk diubah
menjadi sinyal yang dapat dikenali prosesor.untuk itu diperlukan 5 macam
komponen,yaitu :
1.
Sebuah bola yang
terletak didasar mouse.
Bola tersebut akan
bergerak pada saat kita menggeserkan mouse.
2.
Dua buah roller
Yang akan berputar
pada saat bola mouse bergerak.Roller pertama akan mengukur arah gerakan ke
sumbu X,dan akan mendeteksi arah gerakan sumbu Y. Roller ini terhubung kesebuah
piringan yang berlubang-lubang.Piringan akan berputar pada saat roller
berputar.
3.
Sepasang piringan
untuk masing-masing roller
sehinnga gerakan
melingkar juga dapat dideteksi oleh mouse. Dengan adanya piringan berlubang
tersebut maka cahaya LED akan ditangkap secara terputus-putus oleh
4.
Sensor inframerah
Yang ada didalam
mouse.Pulsa nyala-putus LED yang dipantau oleh sensor inframerah tersebutlah
yang menandakan kecepatan geser mouse serta jarak penggeseran mouse.
5.
Terdapat sebuah keping
chip prosesor
Yang dapat mengubah
pulsa LED menjadi data biner yang dikenali oleh komputer. Mouse jenis ini
memerlukan pembersihan secara teratur ,karena kotoran yang masuk kedalam mouse
dapat menggangu gerak bola mouse.
c. Mouse Optikal
Mouse
optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse
jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk
mendeteksi gerakan mouse. Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas
(mousepad) khusus yang berwarna metalik bergaris-garis biru-abu-abu. Mouse
optikal saat ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata,
kecuali permukaan yang memantulkan cahaya.
Cara
Kerja :
Mouse
optik menggunakan sebuah sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber
penerangan untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak.
Cahaya LED ini akan dipantulakan oleh permukaan meja/alas ke sensor CMOS
(Complimentary Metal-Oxide Semi konductor).Sensor ini kemudian mengirimkan
gambaran permukaan ke chip khusus yang bernama Digital Signal Processor
(DSP).DSP akan menganalisis gambaran tadi dan menentukan jarak penggeseran
mouse yang kemudian dikirimkan ke komputer.Berdasarkan data tersebut,komputer
akan menggeser posisi kursor mouse pada layar.
d.
Mouse Laser
Mouse
laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech, perusahaan mouse terkemuka yang
bekerja sama dengan Agilent Technologies pada tahun 2004, dengan nama Logitech
MX 1000. Logitech mengklaim bahwa mouse laser memilki tingkat akurasi 20 kali
lebih besar dari mouse optikal. Dasar kerja mouse optikal dan mouse laser
hampir sama, perbedaannya hanya penggunaan laser kecil sebagai pengganti LED
digunakan oleh mouse optikal.
Cara
Kerja :
Mouse laser sebetulnya
termasuk mouse optik. Tapi, mouse optik biasa menggunakan LED (Light Emitting
Diode) berwarna merah. Mouse laser, menggunakan pancaran sinar laser yang tak
kasat mata.
Sinar
laser yang dipancarkan bergerak mengikuti tangan pengguna. Sinar laser itu
menghidupkan sistem sensor optik seperti pada mouse optik biasa. Koordinat yang
dikirim mouse kemudian digunakan komputer untuk memosisikan pointer.
KEUNGGULAN MOUSE OPTIK
DIBANDINGKAN MOUSE OPTIMEKANIK
Berikut adalah Keunggulan Mouse Optik di Bandingkan Mouse Optimekanik :
1. Tak ada bagian yang harus bergerak,sehingga kemungkinan kegagalan putaran tidak ada.
2. Karena tertutup penuh,tak memungkinkan debu masuk ke dalam mouse.
3. Resolusi pelacakan cahaya lebih halus sehingga gerakan kursor mouse pada layar juga semakin halus.
Berikut adalah Keunggulan Mouse Optik di Bandingkan Mouse Optimekanik :
1. Tak ada bagian yang harus bergerak,sehingga kemungkinan kegagalan putaran tidak ada.
2. Karena tertutup penuh,tak memungkinkan debu masuk ke dalam mouse.
3. Resolusi pelacakan cahaya lebih halus sehingga gerakan kursor mouse pada layar juga semakin halus.
4. Mouse laser bisa
digunakan hampir di mana saja.
C. TEKNOLOGI BARU
Dari
semua perkembangan mouse, yang tidak banyak berubah adalah jumlah tombolnya.
Semua mouse memiliki tombol antara satu sampai tiga buah. Mouse pertama
memiliki satu tombol. Kebanyakan mouse saat ini, yang didesain untuk Microsoft
Windows, memiliki dua tombol. Beberapa mouse modern juga memiliki sebuah Wheel
untuk mempermudah scrolling. Sementara itu, Apple memperkenalkan mouse satu
tombol, yang tidak berubah hingga kini. Bahkan dari segi keamanan kini juga
sudah banyak mouse yang dilengkapi dengan sidik jari dan efek getar.
Mouse
modern juga sudah banyak yang tanpa kabel, yaitu menggunakan teknologi wireless
seperti Infra Red, gelombang radio ataupun Bluetooth. Mouse wireless yang
populer saat ini menggunakan gelombang radio ataupun Bluetooth. Sedangkan mouse
yang menggunakan Infra Red kurang begitu populer karena jarak jangkauannya yang
terbatas, selain itu juga kurang praktis karena antara mouse dan penerimanya
tidak boleh terhalang.
a. Touchpad
Touchpad
merupakan daerah khusus pada bagian notebook atau netbook yang letaknya dibawah
tombol keyboard. Bagian ini adalah permukaan yang dapat mendeteksi gerakan dan
posisi jari yang menyentuhnya kemudian diproyeksikan pada layar monitor dengan
perpindahan kursor dan posisi dari kursor tersebut. Selain terdapat pada
notebook/netbook, touchpad juga bisa ditemukan pada PDA, Music Player Portabel.
Teknologi
yang diterapkan didalam touchpad yaitu kapasitif sensor terhadap sentuhan jari,
sehingga jika kita menggunakan selain jari dapat dipastikan kursor tidak
bergerak sesuai dengan keinginan, misalnya menggunakan pensil, bolpoint, dan
walaupun menggunakan sarung tangan. Serta yang perlu kita ketahui bahwa antara
PSU (Power Supply Unit) dengan touchpad saling meng-sinkron-nisasi, ketika PSU
diganti dengan PSU yang berbeda maka akan berimbas juga pada kinerja touchpad.
b. Pointing
Stick
Jenis perangkat yang biasa juga
disebut stylus atau track point merupakan penunjuk yang berbentuk
seperti penghapus karet pada ujung sebatang pensil yang biasanya terletak pada
bagian tengah laptop. Untuk menggerakkannya dilakukan dengan menekannya dan
menggerakkannya ke arah yang dikehendaki.
c. Touch Screen
Touch
screen atau layar sentuh merupakan
perangkat penunjuk berupa monitor yang diberi lapisan yang peka terhadap
sentuhan. Fungsinya sama dengan mouse atau jenis pointer lainnya. Layar sentuh
ini biasanya terbungkus oleh bahan plastik yang dibelakangnya terdapat sinar
inframerah yang tidak tampak. Lokasi sinar infra merah yang terputus oleh
tekanan jari ini yang memberitahukan komputer tentang lokasi perintah yang
diinginkan oleh pemakai.
d. Pen stylu
Sistem berbasis pena elektronik
memungkinkan seseorang memilih, memasukkan perintah, dan bahkan menerima input
berupa tulisan tangan, jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali
dan menerjemahkan tulisan tangan. Contoh pemanfaatan sistem komputer berbasis
pena adalah pena untuk input pada PDA dan berbagai jenis komputer yang dapat
digenggam.
e.
Light
Pen
Light pen adalah perangkat penunjuk
yang berupa pena dan dapat menghasilakan cahaya, yang digunakan bersamaan
dengan sebuah layar yang peka cahaya (photoelectric). Light pen
memungkinkan pemakai menunjuk langsung ke layar di mana pemekai menghendaki
pilihan atau perintah yang dijalankan.
f.
Joy Stick
Joystick merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan
kursor dikendalikan oleh gerakan tuas (pada joystick absolut) atau dengan
tekanan pada tuas (pada joystick terkendalu atau joystick isometrik. Pada
joystick biasanya terdapat tobol yang dapat diilih atau diasoasikan dengan
papan ketik.
Alat ini digunakan untuk memindahkan obyek gambar dalam
layar monitor, fungsinya hampir sama dengan mouse namun joystick hanya
digunakan untuk program game.
Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbndingan K/T yang berubah-ubah.
Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbndingan K/T yang berubah-ubah.
g. Trackball
Prinsip
kerja dari trackball hampir
sama dengan mouse. Perbedaan
utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse
operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam,
tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan
kursor. Dengan cara demikian, trackball
cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja.
Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang
ada di atas badan trackball.
h. Digitazing Tablet
Digitazing
Tablet (atau digitizer), juga sering disebut dengan graphics tablet, merupakan peranti pengambil data dalam bentuk
sederetan koordinat (x,y) yang menetukan gerakan pena atau puck pada meja digitasi. Peranti ini
mempunyai ketelitian yang cukup tinggi. Peranti ini banyak digunakan untuk
terapan-terapan dalam bidang computer-aided
design (CAD), atau untuk menyalin gambar yang tersedia ke dalam
yang tersedia ke dalam bentuk digital untuk diolah lebih lanjut. Resolusi dari
peranti ini bisanya lebih tinggi dibandingkan dengan mouse atau trackball.
d.
Manfaat
Mouse
Dari
sejak awal diperkenalkan, fungsi mouse tidak hanya sebagai penunjuk arah saja.
Tetapi, juga sudah berfungsi sebagai input device. Oleh sebab itu, mouse sejak
pertama kali diperkenalkan sudah memiliki sebuah tombol.
Tombol
yang ada pada mouse memiliki berbagai macam fungsi. Untuk fungsi yang paling
umum biasanya terletak pada tombol di sebelah kiri. Sedangkan, untuk fungsi
tambahan biasanya terletak disebelah kanan. Scroll mouse banyak dipergunakan
untuk melihat sebuah dokumen yang panjang, ke bawah. Sedangkan tombol yang
lebih banyak dari itu umumnya sangat terasa manfaatnya bila sedang digunakan
untuk bermain games. Misalnya saja untuk mengganti senjata, untuk melihat peta,
dan sebagainya. Sedangkan pada kebutuhan sehari-hari tombol-tombol tersebut
dapat saja diatur untuk memenuhi kebutuhan lain.
Mouse
pada aplikasi permainan memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan
joystick. Kadang sama seperti halnya joystick yang dilengkapi dengan efek
getar. Untuk presentasi banyak sekali para pebisnis yang menggunakan trackball
wireless yang bentuknya sangat nyaman dalam genggaman seperti layaknya sebuah
remote atau joystick.
E. Referensi :
http://ilmukomputer.org/?p=1711
blogopexshikamaru.blogspot.com
http://tokokomputermanggadua.blogetery.com/2011/01/24/mouse-laser-pointer-mouse-wireless-dan-laser-pointer-untuk-presentasi/
http://www.tkjlover.web.id/2011/03/mengenal-touchpad.html
CMS Drupal
1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
2. Aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).
jadi begitulah kira-kira pengertian dari CMS, dengan CMS kita dapat memodifikasi template web yang telah disediakan sesuai dengan kebutuhan, nisalkan e-commerce, website, dll.
Sedangkan Drupal merupakan salah satu CMS yang ada di dunia ini, CMS yang lain antara lain joomla, Wordpress, dll. Drupal ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP yang dapat terkoneksi dengan database MySql dan PostgreSQL. Namun pada saat ini drupal dapat terkoneksi database lainnya. beberapa kelebihan Drupal dibandingkan dengan CMS lain adalah :
1. Ringan dan dinamis, dengan file instalasi hanya 1,1 MB
2. Modul yang banyak tersedia sehingga drupal dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan
3. Open Source dan gratis
4. Memiliki banyak pengembang
5. Memiliki banyak komunitas untuk bertanya jika menemui kendala.
Itulah sedikit pengenalan tentang Drupal, semoga teman-teman tertarik untuk mencoba drupal dalam membuat web yang dinamis.
sumber :