Archive for 2014-03-16

Syarat Sebuah Sistem Informasi

Pada postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana syarat sebuah sistem informasi yang baik. Sebelum membahas syarat tersebut, kita harus mengetahui apa itu sistem informasi.

Sistem informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware prosedur dan aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat untuk memecahakan problem dan pegambilan keputusan.

Sistem informasi harus mempunyai beberapa sifat seperti:
  • Pemrosesan informasi yang efektif. Hal ini berhubungan dengan pengujian terhadap data yang masuk, pemakaian perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai.
  • Manajemen informasi yang efektif. Dengan kata lain, operasi manajemen, keamanan dan keutuhan data yang ada harus diperhatikan.
  • Keluwesan. Sistem informasi hendaknya cukup luwes untuk menangani suatu macam operasi.
  • Kepuasan pemakai. Hal yang paling penting adalah pemakai mendapatkan manfaat dan puas terhadap sistem informasi.
Sistem informasi tentunya memiliki kemampuan sebagai berikut:
  • Memiliki kecepatan akses tinggi, high-volume, komputasi numerik.
  • Menyediakan kecepatan, komunikasi yang akurat dan kolaborasi dengan dan di antara organisasi.
  • Menyimpan informasi dalam jumlah besar dan mudah untuk digunakan.
  • Akses yang cepat dan tidak mahal untuk mendapatkan informasi, dan mendunia.
  • Fasilitas untuk menginterpretasikan sejumlah data yang besar.
  • Meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam satu tempat atau dalam lokasi yang berbeda, dimana saja.
  • Mengotomatisasi proses bisnis dan pekerjaan manual.
Komponen Sistem informasi terdiri dari:
  • Blok Masukan
    Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input disini termasuk metode-metode dan media yang digunakan untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
  • Blok Model
    Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  • Blok Keluaran
    Produk yang dihasilkan dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang baik serta bermanfaat dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen semua pemakai sistem.
  • Blok Teknologi
    Teknologi merupakan sebuah tool-box dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima masukan, menjalankan model, menyimpan, dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
  • Blok Basis Data
    Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan untuk mengakses atau memanipulasinya digunakan perangkat lunak yang disebut dengan DBMS (Database Management Systems). 
  • Blok Kendali
    Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan yang terjadi di dalam sistem, ketidakefisienan, sabotase, dan lain sebagainya. Sehingga beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
http://muhammadghazali.wordpress.com/tag/syarat-syarat-sistem/

Friday, March 21, 2014
Posted by Unknown

Macam-Macam Software PART II

Macam – Macam Software menurut Lisensi :
a.       Software berbayar (Licence)
Software berbayar (licence) adalah software komputer yang didistribusikan secara komersil atau berbayar. Ciri Software jenis ini adalah adanya kewajiban untuk mengisi kode aktivasi yang didapatkan melalui pembelian dengan developer / pembuat software yang bersangkutan agar dapat menggunakan software tersebut. Terdapat juga diantaranya yang memberikan masa ujicoba gratis (trial) untuk menggunakan software yang bersangkutan. Contonya seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, AutoCAD, Software ERP dll.
b.      Software gratis (Freeware)
Pengertian software gratis adalah perangkat lunak tersebut dibagikan secara cuma-cuma tanpa mewajibkan pengguna untuk membeli software tersebut serta dapat digunakan untuk jangka waktu juga dengan hak distribusi yang tidak terbatas. Software yang termasuk dalam kategori freeware antara lain seperti browser Mozilla Firefox, Opera, CCleaner, Smadav, WinRar dll.
c.       Software gratis (Open-source)
Software open source hampir sama dengan software freeware. Yang membedakan adalah pada software open source pihak pembuat / developer turut menyediakan source code atau keseluruhan bahasa pemrograman yang menciptakan software tersebut hingga berjalan. Contohnya Apache, joomla.
d.      Software berbagi (shareware)
Software Shareware adalah software yang bebas digunakan namun dibatasi oleh jangka waktu tertentu (trial). Beberapa software shareware juga terdapat limitasi pada penggunaan fitur khusus yang terdapat didalamnya sehingga software shareware ini dapat didownload dan dipergunakan secara gratis melalui situs resmi, namun setelah batas waktu yang ditentukan selesai maka software tersebut tidak akan dapat digunakan lagi. Contoh Software Shareware pada umumnya adalah program antivirus, software grafis, software riset dll.
e.       Software iklan/spam (adware)
Pengertian Software dalam kategori ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu Adware dan Trojan Adware. Dalam tahap yang wajar dapat dikategorikan adware, banner hanya muncul diprogam dan saat-saat tertentu. Software iklan dapat pula berbentuk Trojan Adware yang terinstal secara diam – diam di komputer atau bahkan situs yang “tidak bersih”.
Macam – Macam Software menurut Roger S. Pressman
Roger S. Pressman membagi tujuh kategori perangkat lunak, yaitu (Pressman, 2005):
a.         System Software
System software adalah gabungan dari beberapa program yang ditulis untuk melayani program lainnya. Contoh dari system software seperti compilers, editors, and file management utilities. Adapun contoh lain dari aplikasi system software adalah komponen-komponen sistem operasi, drivers, networking software, telecommunication processors.
b.        Application Software
Application software terdiri dari beberapa program stand-alone yang menyelesaikan kebutuhan bisnis yang spesifik. Aplikasi jenis ini memproses data bisnis sebagai cara untuk memfasilitasi operasi bisnis dan menejemen pengambil keputusan. Pada aplikasi yang memproses data secara konvensional, application software digunakan untuk mengatur fungsi bisnis di waktu nyata (real-time). Contohnya seperti aplikasi points of sale, aplikasi manufaktur yang mengatur kontrol proses secara nyata (realtime).
c.         Engineering / Scientific Software
Kategori perangkat lunak ini, telah digolongkan oleh algortima “number-crunching”, lingkup aplikasi dari astronomi sampai vulkanologi, dari analisis perhitungan otomotif hingga orbit luar angkasa yang dinamis, dan dari biologi molekuler hingga produksi otomatis, aplikasi kategori ini dipergunakan bagi kepentingan riset dan pengolahan perhitungan bidang ilmu terapan (scientific).
d.        Embedded Software
Kategori perangkat lunak ini terletak pada kedalaman sebuah produk atau sistem dan digunakan untuk menjalankan dan mengatur fitur dan fungsi-fungsi untuk kebutuhan pengguna dan sistem itu sendiri. Contohnya adalah tombol pengaturan untuk oven microwave, tombol digital untuk pengaturan penunjuk bahan bakar, sistem pengereman pada kendaraan.
e.         Product-line Software
Dirancang untuk menyediakan kemampuan spesifik bagi pengguna yang beragam. Product-linse Software dapat fokus kepada target pasar tertentu dan terbatas (contohnya aplikasi pengaturan inventori) atau  kepada target pasar acak (contoh word processing, computer graphic, multimedia, entertainment, database management, personal and business financial applications).
f.         Web Applications
Kategori ini sering disingkat Webapps yang dapat berupa kumpulan file hypertext yang menampilkan informasi menggunakan teks dan grafik yang terbatas.
g.        Artificial Intelligence Software (AI)

Pembuatan AI software menggunakan algoritma nonnumerical untuk memecahkan masalah yang kompleks yang tidak dapat dilakukan oleh perhitungan atau analisis langsung. Aplikasi yang termasuk pada kategori ini adalah robotic, expert system, pattern recognition image or voice, artificial neural network, theoremproving, game playing.
Wednesday, March 19, 2014
Posted by Unknown

MOBILE APPS VS MOBILE WEB



Pada dasarnya saat ini terdapat dua kategori pengembangan teknologi perangkat mobile, yakni Mobile App dan Mobile Web. Kedua teknologi ini memiliki kriteria tersendiri yang dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna aplikasi.

Kebutuhan disini maksudnya kebutuhan mengapa seseorang ingin membuat aplikasi mobile. Jika pengguna ingin aplikasi tersebut bisa diakses oleh berbagai platform dan tidak memerlukan fitur-fitur khusus seperti sensor atau GPS serta akses aplikasi yang cepat maka jawabanya ialah Mobile Web, kenapa ? karena Mobile Web ini, dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa aplikasi ini dijalankan dengan mengakses halaman web menggunakan browser pada perangkat mobile .

Tantangan terbesar dari mobile web adalah memastikan bahwa halaman web dapat dibuka dengan sempurna di browser beberapa perangkat mobile dengan ukuran layar, spesifikasi teknis, performa browser, dan cara input user. Selain itu perilaku pengguna perangkat mobile harus dipahami, agar halaman yang ditampilkan dapat secara cepat dimengerti oleh penggunanya.

Opsi ini cocok untuk jenis layanan yang memiliki konten yang kaya dan ingin dapat dibuka dari berbagai macam platform. Berbeda dengan mobile app, mobile web dibuka dari browser, yang berarti tidak perlu di-submit ke Application Store (misalnya Google Play) yang ada pada perangkat mobile. Namun kekurangan dari mobile web adalah fitur dan jenis interaksi yang terbatas.
Dari sisi pengembangannya pun cukup menggunakan teknologi pengembangan aplikasi web yang sudah cukup umum saat ini, yang nantinya akan saya bahas lebih detail dalam review Apps on Mobiles ini.

Sebaliknya jika pengguna ingin aplikasi memiliki dukungan fitur, fungsionalitas yang baik serta lebih interaktif. Aplikasi dikembangkan menggunakan akses GPS, kamera, memori dan fitur lainnya, maka mobile apps menjadi pilihan yang tepat. Karena mobile app ini dikembangankan/ dibuat oleh developer sesuai dengan platform/ sistem operasi perangkat mobile dimana aplikasi ini akan dijalankan.

Berikut tampilan kategorisasi "apps on mobile" dengan beberapa framework
(sumber: slide perkuliahan dosen Testing dan Implementasi Sistem Informasi, Dody Ichwana, M.T )


Penjabaran mengenai gambar diatas akan saya bahas pada postingan berikutnya. :)
Monday, March 17, 2014
Posted by Unknown

Latihan C#

Seekor katak terjebak dalam sebuah sumur. Katak berusaha melompat untuk keluar dari dalam sumur, tapi setiap katak melompat, katak akan turun kembali karena dinding sumur licin. Setiap lompatan katak akan berkata “Hidup SI”. Input program berupa kedalaman sumur, tinggi katak melompat dan katak turun karena licin. Pada 30 lompatan pertama, nilai tinggi lompatan dan turun katak karena licin adalah nilai yang diinputkan. Pada 30 lompatan kedua, nilai tinggi lompatan adalah 2/3 dari semula dan turun katak adalah 2/3 dari semula. Pada 30 lompatan ketiga, nilai tinggi lompatan adalah 1/3 dari semula dan turun katak adalah 1/3 dari semula. Pada lompatan ke 91 keatas, katak tidak bisa lagi melompat karena lelah dan berkata “ Saya gagal  :’-( ”.
Buatkan sintaksnya dalam bahasa C# console....!

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;

namespace katak
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
          
 double heigh, jump, down, i = 0, j=0, a = 0;
            Console.Write("Input tinggi sumur :");
            heigh = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
            Console.Write("Input tinggi loncatan katak :");
            jump = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
            Console.Write("Input tinggi turunnya katak per loncatan :");
            down = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());

            while (j < 90)
            {
                j++;
                a++;
                i = i + jump;
                if (i >= heigh)
                {
                    Console.WriteLine("Lompatan ke "+a + ", Hidup SI, ketinggian "+ i+" m");
                    break;
                }
                else
                 {
                    i = i - down;
                    Console.WriteLine("Lompatan ke " + a + ", Hidup SI, ketinggian " + i + " m");

                 }
                    if (a > 30)
                    {
                     j++;
                     a++;
                     i = i + (jump*2)/3;
                         if (i >= heigh)
                         {
                            Console.WriteLine(a + " Hidup SI " + i);
                           break;
                         }
                         else
                         {
                           i = i - (down*2)/3;
                          Console.WriteLine(a + " Hidup SI " + i);

                         }
                         if (a > 60)
                           {
                             j++;
                             a++;
                             i = i + (jump * 1) / 3;
                              if (i >= heigh)
                              {
                                 Console.WriteLine(a + " Hidup SI " + i);
                                 break;
                              }
                              else
                                 {
                                     i = i - (down * 1) / 3;
                                     Console.WriteLine(a + " Hidup SI " + i);

                                  }
                              if (j > 89)
                              {
                                  Console.WriteLine("Saya gagal  :’-( ");
                                  break;
                              }
                            }                  

                        }
                  
                 }
           
           
        }
    }
}



Sumber: Hafid yoza putra
Posted by Unknown

- Copyright © 2013 Laboratorium Pemrograman dan Basis Data -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -