Archive for 2013-09-22
Peristiwa dalam sejarah komputer Part II
- 1959 :
- diciptakannya lebih darii 200 bahasa pemograman saat itu.
- IBM memperkenalkan dua komputer yang seukuran dengan meja yang lebih kecil, yaitu IBM 1401 untuk bisnis dan IBM 1620 untuk ilmuan. IBM 1620 lebih dikenal dengan CADET, tetapi istilah itu dihapuskan IBM setelah muncul akronim CADET di kalangan kampus, yaitu Can't Add, Doesn't Even Try (Tidak bisa menjumlahkan, mencoba saja tidak).
- 1960 : dikembangkannya COBOL bahasa pemograman bisnis tingkat tinggi oleh Dr.Grace Hopper. COBOL menggunakan frase-frase seperti bahasa Inggris dan menjalankan kebanyakan komputer bisnis, sehingga COBOL digunakan sebagai salah satu bahasa pemograman yang digunakan secara luas.
- 1964 :
- Jumlah komputer di seleuruh dunia bertambah, hingga mencapai 18.000 unit. Pengendali komputer generasi ketiga disimpan di dalam cip. Komputer IBM System / 360 merupakan keluarga pertama dari mesin yang menggabungkan pengetahuan dengan ilmu pengetahuan.
- IBM memperkenalkan istilah pengolah kata untuk pertama kalinya pada Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST). MT/ST adalah media penyimpanan pertama yang dapat digunakan kembali, memungkinkan materi yang telah diketik dapat di ubah tanpa harus mengetik ulang.
MT/ST - 1965 :
- Dr. John Kemeny dari Darmouth memimpin pengembangan bahasa pemograman BASIC, yang digunaka secara luas untuk komputer pribadi.
- Digital Equipment Corporation (DEC) memperkenalkan komputer mini pertama, PDP-8. Mesin DEC digunakan secara luas untuk penghubung bagi sistem pembagi-waktu.
- 1968 :
- Computer Science Corporation menjadi perusahaan peranti lunak pertama yang terdaftar di New York Stock Exchange.
CSC Logo - Diperkenalkannya konsep pemrograman terstruktur oleh Dr.Edsger Dijikstra, dan dikembangkannya standar-standar untuk membuat program komputer.
- Alan Shugart dari IBM mendemontrasikan penggunaan pertama secara umum dari floopy disk (media penyimpanan magnetik) 8 inci.
- 1969 :
- IBM mengumumkan bahwa beberapa peranti lunak IBM akan dijual secara terpisah dari peranti keras komputer. pemisahan ini membuat beberapa perusahaan peranti lunak muncul ke dalam industri.
- Dibentuknya ARPANET, sebagai pendahulu Internet.
- 1970 : Diperkenalkannya komputer generasi keempat yang dibuat dengan cip yang menggunakan LSI (Large Scale Integration). Saat cip diperkenalkan pertama kali tahun 1965, cip hanaya berisi 1.000 sirkuit, tetapi cip pada LSI berisi 15.000 sirkuit.
- 1971 : Dr. Ted Hoff dari Intel Corporation mengembangkan mikroprosesor, cip komputer mikro yang dapat memprogram, yaitu Intel 4004.
- 1975 :
- MITS, Inc. mengiklankan salah satu komputer mikro pertama, Altair. Dinamakan berdasarkan tujuan dalam salah satu episode Star Trex, Altair dijual dalam kotal dengan haraga kurang $400 dan dalam waktu 3 bulan Altair dipesan sebanyak 4000 unit.
- Ethernet, Local Area Network (LAN) yang pertama dikembangkan oleh Xerox PARC (Palo ALto Research Center) oleh Robert Metcalf. LAN membuat komputer mampu berkomunikasi dan membagi peranti lunak, data, dan alat-alatnya. Awalnya dikembangkan untuk menghubungkan komputer-komputer mini, tetapi kemudian Ethernet juga digunakan di PC.
- 1976 : Steve Jobs dan Steve Wozniak membuat komputer Apple pertama. Apple II sukses dalam waktu singkat. Apple II merupakan hubungan pertama dengan dunia komputer.
- 1979 :
- VisiCalc, merupakan sebuah program spreadsheet yang ditulis oleh Bob Frankston dan Dan Bricklin. Pada awalnya ditulis untuk menjalankan komputer Apple II, kemudian VisiCalc dilihat sebagai alasan paling penting untuk penerimaan dari komputer pribadi bagi dunia bisnis.
- Didirikannya perusahaan layanan informasi publik online pertama, yaitu CompuServe and Source.
to be continued...
Sumber : Shelly, Cashman, dan Vermaat. 2007. Menjelajah Dunia Komputer : Fundamental Edisi 3. Jakarta : Salemba Infotek.
_^9d Irzavika^_
Android Story
Pada kali ini saya akan mengulas sedikit tentang Android, untuk mari kita mulai andorid versi awal sampai saat ini :
1. Android 1.5 Cupcake
3. Android 2.0 Eclair
4. Android 2.2 Froyo
5. Android 2.3 Gingerbread
6. Android 3.0 Honeycomb
7. Android 4.0 Ice Cream Sandwich
8. Android 4.1 Jelly Bean
9. Android 4.4 Kitkat
dari nomor 1 - 9 bersumber dari http://www.android.com/kitkat/
1. Android 1.5 Cupcake
2. Android 1. Donut
4. Android 2.2 Froyo
5. Android 2.3 Gingerbread
6. Android 3.0 Honeycomb
7. Android 4.0 Ice Cream Sandwich
8. Android 4.1 Jelly Bean
9. Android 4.4 Kitkat
10. Android 5.0 Lamang Tapai (coming soon)
semoga ya gan...hehe
dari nomor 1 - 9 bersumber dari http://www.android.com/kitkat/
Membuat NotePad Sederhana (PART II)
Sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana cara membuat notepad sederhana dengan C#. Pada tahap pertama adalah membuat desain formnya.
Pada postingan kali ini, saya akan membahas tahap kedua yang merupakan tahap terpenting yaitu codingan..
Deklarasi :
string namaFile = "";
Pada postingan kali ini, saya akan membahas tahap kedua yang merupakan tahap terpenting yaitu codingan..
Deklarasi :
string namaFile = "";
Dimulai dengan script untuk membuat file baru (Menu-New) :
textBox1.Clear();
namaFile = "";
Menu-File-Open :
openFileDialog1.Filter = "namaFile(*.txt)|*.txt|All files (*.*)|*.*";
openFileDialog1.FilterIndex = 2;
openFileDialog1.ShowDialog();
namaFile = openFileDialog1.FileName;
textBox1.Text = File.ReadAllText(namaFile);
Menu-File-Save :
if (namaFile == "")
{
saveFileDialog1.Filter = "namaFile (*.txt)|*.txt|All files (*.*)|*.*";
saveFileDialog1.FilterIndex = 2;
saveFileDialog1.RestoreDirectory = true;
DialogResult pilihan = saveFileDialog1.ShowDialog();
if (pilihan == DialogResult.OK)
{
//menunjuk file yg akan di save
System.IO.StreamWriter simpan = new
System.IO.StreamWriter(saveFileDialog1.FileName);
simpan.WriteLine(textBox1.Text);
//menyimpan nama file
namaFile = saveFileDialog1.FileName;
//close proses
simpan.Close();
}
}
else
{
System.IO.StreamWriter SaveFile = new
System.IO.StreamWriter(namaFile);
SaveFile.WriteLine(textBox1.Text);
SaveFile.Close();
}
Menu-File-Save As :
saveFileDialog1.Filter = "namafile (*.txt)|*.txt|All files (*.*)|*.*";
saveFileDialog1.FilterIndex = 2;
saveFileDialog1.RestoreDirectory = true;
DialogResult pilihan = saveFileDialog1.ShowDialog();
if (pilihan == DialogResult.OK)
{
System.IO.StreamWriter SaveFile = new System.IO.StreamWriter(saveFileDialog1.FileName);
SaveFile.WriteLine(textBox1.Text);
namaFile = saveFileDialog1.FileName;
SaveFile.Close();
}
Menu-File-Exit :
if (textBox1.Text == "")
{
Application.Exit();
}
if (namaFile == "")
{
DialogResult result = MessageBox.Show("File belum disimpan. Do
you wanna save this?", "Warning", MessageBoxButtons.YesNo);
if (result == DialogResult.Yes)
{
saveFileDialog1.Filter = "namafile (*.txt)|*.txt|All files
(*.*)|*.*";
saveFileDialog1.FilterIndex = 2;
saveFileDialog1.RestoreDirectory = true;
DialogResult pilihan = saveFileDialog1.ShowDialog();
if (pilihan == DialogResult.OK)
{
System.IO.StreamWriter SaveFile = new
System.IO.StreamWriter(saveFileDialog1.FileName);
SaveFile.WriteLine(textBox1.Text);
namaFile = saveFileDialog1.FileName;
SaveFile.Close();
}
}
else
{
Application.Exit();
}
}
else
{
System.IO.StreamWriter SaveFile = new
System.IO.StreamWriter(namaFile);
SaveFile.WriteLine(textBox1.Text);
SaveFile.Close();
Application.Exit();
}
Menu-Edit-Cut :
textBox1.Cut();
Menu-Edit-Copy :
textBox1.Copy();
Menu-Edit-Paste :
textBox1.Paste();
Menu-Edit-Select All :
textBox1.SelectAll();
Nah, demikian codingan yang sangat sederhanan ini, semoga membantu :)
Evernote - Gajah Tidak Pernah Lupa...
Yah, seperti kata pepatah, yaitu gajah tidak pernah lupa. Ini menjadi motto dari para pengembang sebuah perangkat lunak yang memiliki icon Gajah berwarna hijau ini. Ya, perangkat lunak ini bernama "Evernote".
EverNote merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat catatan/notes, menyimpan ide-ide, mengumpulkan artikel-artikel yang ditemukan saat browsing dan ditambah dengan akses dari berbagai macam perangkat digital seperti desktop, smartphone, iPad dan lain-lain. (Wikipedia, 2011)
Nah, kalau yang diatas itu dikutip langsung dari Wikipedia, maka kali ini saya akan membagi beberapa pengalaman selama saya menggunakan Si Gajah Hijau ini...
Beberapa kelebihan yang saya rasakan ketika menggunakan Evernote adalah:
- Friendly User Interface. Tampilan yang disajikan oleh Evernote sangat bersahabat dan nyaman karena kombinasi serta gambar yang disertakan cukup menarik dan tidak bertambrakan satu sama lain. Evernote menggunakan tata cara pewarnaan yang simpel sehingga tidak terlalu banyak warna yang ada pada User Interface yang disediakan.
- Memiliki reminder. Ini merupakan fitur yang sangat membantu bagi saya, karena saya termasuk seorang pengguna yang sering lupa dengan kegiatan, maka reminder memberikan kemudahan dengan memberikan pengingat berupa lini masa sehingga notes tersebut diurutkan sesuai dengan Deadline terdekat. Hal ini akan sangat membantu kita dalam melakukan manajemen waktu.
- Bisa diakses dimana saja. Evernote terhubung ke server sehingga kita bisa mengakses note yang kita buat dari device yang lita miliki dimana saja.
- Kemudahan dalam membuat list serta menyertakan audio dan gambar yang berhubungan dengan note kita.
- Dan masih banyak lagi kegunaan fitur yang diberikan oleh Evernote yang mungkin belum saya ketahui... Hahahaha...
Saya menggunakan Evernote pada Android, jadi pengalaman yang dirasakan pada Sistem Operasi lain mungkin bisa di share di Komentar...
Jadi, bagi teman-teman yang memiliki keterbatasan memori dan visualisasi silahkan memanfaatkan Evernote sebagai teman pendamping kegiatan anda... :D
Tuesday, September 24, 2013
Posted by Just Nanda...
Tutorial FPDF (Part 4) - Warna
Halooo, bertemu lagi dengan postingan saya di sini. Masih membahas tentang FPDF, kali ini saya akan bermain-main dengan warna :D . Di sini kamu akan menemukan perintah-perintah yang berhubungan dengan warna : SetDrawColor, SetFillColor, SetTextColor. Kita akan membuat frame berwarna sesuai dengan lebar judul tulisan. Tutorial kali ini, masih berkaitan dengan Header dan Footer
Let's Go... :)
Beginilah, tampilannya...
Kamu bisa berkreasi sesukamu... :)
Tutorial FPDF:
Annisa Permatasari
Referensi :
http://www.fpdf.org/
Let's Go... :)
<?php
require('./fpdf17/fpdf.php');
class PDF extends FPDF
{
function Header()
{
global $title;
// Arial bold 15
$this->SetFont('Arial','B',15);
// Menghitung lebar judul dan posisi
$w = $this->GetStringWidth($title)+6;
$this->SetX((210-$w)/2);
// Warna Frame
$this->SetDrawColor(0,80,180);
// Warna Background
$this->SetFillColor(230,230,0);
// Warna Teks
$this->SetTextColor(220,50,50);
// Ketipisan frame (1 mm)
$this->SetLineWidth(1);
// Judul
$this->Cell($w,9,$title,1,1,'C',true);
// Line break
$this->Ln(10);
}
function Footer()
{
// Posisi 15 mm dari bawah
$this->SetY(-15);
// Arial italic 8
$this->SetFont('Arial','I',8);
// Warna teks abu-abu
$this->SetTextColor(128);
// Page number
$this->Cell(0,10,'Page '.$this->PageNo(),0,0,'C');
}
}
$pdf = new PDF();
$title = 'Algoritma Pemrograman dan Basis Data';
$pdf->SetTitle($title);
$pdf->Output();
?>
Beginilah, tampilannya...
Kamu bisa berkreasi sesukamu... :)
Tutorial FPDF:
- Tutorial FPDF (Part 1) - Pengenalan FPDF
- Tutorial FPDF (Part 2) - Contoh Sederhana
- Tutorial FPDF (Part 3) - Header dan Footer
Annisa Permatasari
Referensi :
http://www.fpdf.org/