Archive for 2013-05-26
INHERITANCE
Inheritance adalah salah satu dari program utama dalam pemrograman berbasis objek (OOP). Inheritance merupakan kemampuan objek untuk meng-inherit atau mewarisi data dan fungsi-fungsi dari parent class nya. Dengan inheritance, kita dapat membuat class baru tanpa perlu lagi menciptakan dari awal. Cukup dengan menggunakan class-class yang sudah ada sehingga lebih efisien dari segi waktu.
Parent class (class asal) yang akan diwarisi oleh class yang baru disebut base class, sedangkan class baru yang mewarisi data dan fungsi dari base class disebut driven class.
Jika dimasukkan ke dalam pemrograman, penulisannya adalah :
·
Base Class
public
class Base
{
........statement
}
·
Derived Class
public
class derived : Base
{
.......statement
}
GARENA : HEROES OF NEWERTH
Heroes
of Newerth (HoN) adalah
pertempuran multiplayer arena online video game yang dikembangkan oleh Game
S2 untuk Microsoft Windows , Mac
OS X
dan Linux
. Permainan ini sangat terinspirasi oleh Warcraft III: The Frozen Throne kustom peta Defense
of the Ancients dan pertama multiplayer
Permainan S2
'online pertempuran arena (MOBA)
judul. Permainan ini dirilis pada tanggal 12 Mei 2010 dan kembali dirilis
sebagai permainan free-to-play pada
29 Juli 2011.
SEJARAH
PERKEMBANGAN HON
Game MOBA (Multiplayer online battle arena) pertama yang populer adalah Dota. Game ini dapat dimainkan oleh 2 – 10 orang yang terbagi menjadi 2 team. Game ini menjadi begitu populer karena game ini mengandalkan strategi, teknik, kesabaran, insting, kerjasama, dan kecepatan tangan para pemainnya. Game ini sangat dibantu oleh teknologi komunikasi. Dimana tiap – tiap pemain dapat berinteraksi sambil bermain. Jika dibandingkan dengan game multiplayer lama yang mengharuskan pemainnya untuk bertemu baru bisa bermain bersama, game MOBA dapat dimainkan bahkan oleh 10 orang tanpa harus mempertemukan ke-10 orang tersebut.
Dari segi teknologi, game bergenre MOBA ini sendiri pun mengalami berbagai perkembangan. Pertama muncul Heroes of Newerth (HON) sebagai versi lain dari Dota. Game Dota yang hanya berupa Map dan menumpang pada game Warcraft III sudah mulai ditinggalkan beberapa usernya karena bosan akan kualitas grafisnya yang tak kunjung berkembang. Game – game bergrafik bagus yang mungkin tidak bergenre MOBA telah merebut hati para gamers untuk memainkannya. Sehingga dirilislah HON sebagai anak dari Dota. Tentunya HON hadir dengan berbagai kelebihan seperti kualitas grafis yang lebih real-like, efek yang lebih bervariasi, dan lain – lain. Sehingga, munculnya HON dapat memuaskan rasa rindu para gamers MOBA.
Game MOBA (Multiplayer online battle arena) pertama yang populer adalah Dota. Game ini dapat dimainkan oleh 2 – 10 orang yang terbagi menjadi 2 team. Game ini menjadi begitu populer karena game ini mengandalkan strategi, teknik, kesabaran, insting, kerjasama, dan kecepatan tangan para pemainnya. Game ini sangat dibantu oleh teknologi komunikasi. Dimana tiap – tiap pemain dapat berinteraksi sambil bermain. Jika dibandingkan dengan game multiplayer lama yang mengharuskan pemainnya untuk bertemu baru bisa bermain bersama, game MOBA dapat dimainkan bahkan oleh 10 orang tanpa harus mempertemukan ke-10 orang tersebut.
Dari segi teknologi, game bergenre MOBA ini sendiri pun mengalami berbagai perkembangan. Pertama muncul Heroes of Newerth (HON) sebagai versi lain dari Dota. Game Dota yang hanya berupa Map dan menumpang pada game Warcraft III sudah mulai ditinggalkan beberapa usernya karena bosan akan kualitas grafisnya yang tak kunjung berkembang. Game – game bergrafik bagus yang mungkin tidak bergenre MOBA telah merebut hati para gamers untuk memainkannya. Sehingga dirilislah HON sebagai anak dari Dota. Tentunya HON hadir dengan berbagai kelebihan seperti kualitas grafis yang lebih real-like, efek yang lebih bervariasi, dan lain – lain. Sehingga, munculnya HON dapat memuaskan rasa rindu para gamers MOBA.
Pada bulan
Oktober 2009, Game Designer Asosiasi Alan "Idejder" Cacciamani
mengklaim bahwa Heroes of Newerth
telah dikembangkan selama 34 bulan, tapi 13 bulan pertama dihabiskan untuk
pengembangan mesin.Keseluruhan aset, termasuk peta, item, hero, dan seni dibuat
dalam 21 bulan .
Fitur-fitur
baru, perubahan keseimbangan dan pahlawan baru secara teratur diperkenalkan
dengan patch. Mekanik dan permainan
yang paling banyak hero di Heroes of
Newerth yang sangat didasarkan pada Defense of the Ancients . Penambahan
yang membedakan Heroes of Newerth
dari Defense
of the Ancients adalah fitur independen dari bermain game, seperti pelacakan statistik
individu, dalam game komunikasi suara
, GUI-efisien pemilihan hero, rekoneksi permainan, cocok membuat, banlists pemain, hukuman untuk
meninggalkan dan chatting fitur. Beberapa fitur ditambahkan melalui update termasuk Kompendium hero (daftar
para hero dalam permainan dengan statistik rinci tentang mereka), kemampuan
untuk mengatur "berikut" sifat pada teman yang membuat pemain
bergabung / meninggalkan permainan yang teman bergabung (mirip dengan fitur
"pesta" di game lain),
dalam game tangga sistem, dan editor
peta. Permainan menggunakan proprietary
Mesin K2 Permainan S2 dan model client-server yang sama dengan yang digunakan di banyak game multiplayer
yang modern.
Heroes of Newerth adalah dalam
versi beta mulai
tanggal 24 April 2009 sampai May 12, 2010. Sepanjang waktu ini, lebih dari
3.000.000 account yang terdaftar. Permainan S2 menggunakan Facebook fan page dan dari mulut ke mulut untuk
menarik pemain untuk permainan. Banyak orang yang telah membeli salah satu dari
permainan sebelumnya Permainan S2 juga menerima undangan untuk permainan
melalui email terdaftar mereka.
Pada tanggal
22 Agustus 2009, penjualan pre-of Heroes
of Newerth dimulai untuk anggota beta tertutup. Pemain yang
membeli game saat ini menerima
manfaat tambahan, termasuk pemesanan nama, papan nama berwarna emas, emas
perisai lencana, dan kemampuan mengejek dalam game. Beta testing Terbuka untuk Heroes of Newerth dimulai pada tanggal
31 Maret 2010, dan berlari sampai 12 Mei, 2010 saat laga resmi diluncurkan.
Permainan S2
merilis Heroes of Newerth 2.0 pada
tanggal 13 Desember 2010. Fitur termasuk dalam update adalah modus kasual, antarmuka pengguna baru, penjaruman
tim, sebuah toko dalam game, dan
editor peta offline. microtransactions
juga diperkenalkan melalui toko dalam game
dengan menggunakan koin. Koin dapat digunakan untuk membeli kulit pahlawan
alternatif, avatar, dan suara penyiar disesuaikan. Mata uang dalam game dapat dibeli dengan mata uang
kehidupan nyata atau diperoleh melalui permainan Matchmaking.
Permainan S2
merilis Heroes of Newerth sebagai free-to-play pertandingan pada 29 Juli
2011. Account yang dibeli sebelum tanggal ini mempertahankan akses ke semua konten
dan update tanpa biaya tambahan. Account
tersebut hanya memiliki akses ke modus permainan All Pick. Melalui pembelian koin atau penghasilan mereka dalam
bermain, pemain bisa membeli kemampuan untuk menggunakan pahlawan tambahan.
Pemain harus membayar token untuk bermain mode game tambahan.
Pada tanggal
19 Juli 2012, hampir 1 tahun setelah mengumumkan free-to-play model S2 nya
Permainan mengumumkan secara terbuka bahwa permainan akan benar-benar bebas
untuk bermain tanpa pembatasan akses pahlawan, termasuk akses Awal pahlawan
belum dirilis.
GAME PLAY
Heroes of
Newerth menempatkan dua tim dari pemain terhadap satu sama lain: Legiun dan Hellbourne. Kedua tim berbasis
di sisi berlawanan dari peta. Menara defensif diposisikan secara merata melalui
jalur masing-masing, sampai jalur berakhir di dasar sebuah tim. Unit-unit,
disebut creep
yang dihasilkan setiap tiga puluh detik, dan berjalan sepanjang jalur mereka
sampai mereka bertemu oposisi - kemudian menyerang. Kemenangan dicapai ketika
salah satu tim berhasil mendorong ke markas tim lawan, dan menghancurkan
struktur utama mereka. Satu tim dapat memilih untuk mengakui setelah jangka
waktu tertentu,yaitu minimal pada saat permainan berjalan 15 menit.
Pemain
di tim masing-masing memilih sepuluh dari 111 pahlawan, menampilkan berbagai
kemampuan dan keuntungan untuk mengkompensasi kekurangan. Pemain mengontrol
satu hero, sementara fitur umum dari game
strategi waktu sesungguhnya seperti manajemen dasar dan pengumpulan sumber daya
dihilangkan. Hero yang ada pada HON ini memiliki tiga kelompok yaitu
: Strenght, Agility dan Intelligence. Setiap hero memiliki empat kemampuan yang
dapat diperoleh dan ditingkatkan sebagai pengalaman pahlawan keuntungan dan
tingkat atas . Pengalaman yang diperoleh karena dalam kisaran unit musuh ketika
mereka dibunuh. Tingkat maksimum hero dapat dicapai adalah 25 dan pengalaman
yang dibutuhkan per mendapatkan tingkat meningkat dengan setiap tingkat yang
baru. Pemain memperoleh emas atau uang dalam game tersebut meskipun pendapatan periodik dan pengalaman tempur,
yang digunakan untuk membeli barang-barang yang meningkatkan kekuatannya atau
karakternya. Permainan berakhir ketika struktur utama tim lawan hancur.
Map HON |
Hero yang tersedia |
Hero yang tersedia |
Hero yang tersedia |
REFERENSI
1. http://hon.garena.com/guides/heroes
2.https://www.komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/media-convergence/12-response-paper-ptk-2013/1621-munculnya-inovasi-teknologi-informasi-komunikasi
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Heroes_of_Newerth
Plugin Keren di Notepad++
Postingan kali ini membahas tentang Notepad++. Check This Out...
Notepad++ merupakan salah satu code editor yang bersifat free
source yang mendukung berbagai bahasa pemrograman. Software ini berjalan di
lingkungan Windows di bawah lisensi GPL. Notepad++ ditulis dengan C++ dan
menggunakan Win32 API dan STL sehingga kecepatan eksekusi menjadi lebih tinggi
dan ukuran program menjadi lebih kecil alias ringan.
Berikut
tampilan Notepad++ :
Notepad++ memiliki banyak plugin keren untuk membantu para programmer dalam coding. Plugin tersebut bisa kamu temukan di Plugin > Plugin Manager > Show Plugin Manager. Berikut beberapa plugin keren :
TextFX Characters
Fitur-fitur
pada plugin ini banyak sekali yaitu *
Interactive Brace Matching * Quote handling * Character case alternation * Text
rewrap * Column Lineup * Fill Text Down * Insert counter text down * Text to
code conversion * Numeric Conversion * URI & HTML encoding * HTML to text
conversion * Submit text to W3C * Text sorting * Ascii Chart * Leading
whitespace repair * Autoclose HTML & brace.
Contoh
fiturnya:
-
Autoclose
HTML & Brace
Dengan adanya fitur ini, kita tak perlu membuat
pasangan tag HTML/XML dan kurung karena otomatis tampil setelah membuat tag dan
kurung pembukanya.
Setelah diinstal di Plugin Manager maka akan
muncul menu baru di menubar yaitu TextFX.
Klik dan pilih TextFX Settings lalu
klik +Autoclose XHTML/XML <Tag> dan
+Autoclose {([Brace.
HTML Tag
Pada
plugin ini terdapat 3 fungsi penting, yaitu
-
HTML dan XML tag jumping, seperti
pasangan kurung dan memilih tag-tag dan
atau content-content.
-
Encoding/decoding entitas HTML
-
Encoding/decoding karakter JS
Preview HTML
Preview HTML
Fungsinya
untuk Preview file HTML pada Notepad++ tanpa perlu menyimpan file tersebut
terlebih dahulu. Klik icon seperti gambar di bawah ini
Tampilan
HTML Preview
Compare
Plugin
ini digunakan untuk menampilkan perbedaan antara 2 file.
JSMin
Merupakan
plugin javascript untuk Notepad++ sehingga sangat membantu javascript coder.
Selain itu, kita bisa Settings > Preferences > Backup /
Autocompletion untuk menampilkan pilihan tag-tag HTML, sintak-sintak PHP,
dan lain-lain saat menulis kode. Caranya centang Enable auto-completion on each input lalu klik Function completion.
Masih banyak lagi plugin-plugin keren di Notepad++ yang bisa kamu explore sendiri. Hal yang paling penting adalah software ini FREE. Silahkan download softwarenya di sini. Sekian dulu untuk tulisan kali ini.
Penulis :
Annisa Permatasari
Referensi :