Archive for 2013-10-13

Tips Merawat Baterai Laptop



Laptop merupakan benda yang sangat berharga bagi seorang programmer. Seperti yang kita ketahui, programmer banyak menghabiskan waktunya berkutat di depan laptop bahkan terkadang sampai menganggap laptop adalah pacar atau suami/istrinya sendiri. Saking seringnya menggunakan laptop, banyak saya lihat rekan-rekan sejawat yang kondisi baterainya sudah sangat memprihatinkan atau bocor. Ada yang cuma bertahan 30 menit sampai bahkan ada yang kalau tanpa arus listrik laptopnya langsung mati seketika. Oleh karena itu berikut akan saya paparkan bagaimana cara yang baik dan benar dalam merawat baterai laptop agar tidak mudah soak atau bocor.

  1. Selalu pasang baterai baik itu saat dalam keadaan off maupun dalam keadaan on dan pengisian sedang dilakukan.
  2. Isilah baterai hingga penuh saat melakukan pengisian ulang. Jangan lupa untuk menutup adaptor dan gunakan sampai level baterai seminimal mungkin lalu lakukan pengisian ulang lagi selama beberapa jam. 
  3. Hindari sebisa mungkin baterai kosong sampai 0%. Langsung charger jika baterai mulai limit.
  4. Saat pemakaian, pastikan suhu ruangan berada dalam kondisi normal atau tidak terlalu panas. Anda bisa menggunakan cooling pad jika perlu untuk menjaga suhu ruangan anda sedang berada.
  5. Hindari melakukan sistem charge yang kurang baik yaitu Charge Discharge (CdC). Apabila baterai sudah terisi penuh maka adaptor harus dilepas dan ketika baterai mulai habis baru anda pasang adaptor lagi.
  6. Jika sudah penuh, maka segeralah cabut kabel charger laptop Anda.
  7. Jangan menghidupkan laptop yang sedang dicharger. Tunggulah untuk beberapa waktu sampai benar benar baterai laptop dalam keadaan penuh. Usahakan untuk tidak melakukan pengerjaan data yang berat saat melakukan isi ulang baterai.
  8. Jangan terlalu sering melakukan isi ulang, lebih baik isilah baterai sampai habis lalu lepaskan ketika sudah 100%
  9. Ketika charge baterai, perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat adaptor rusak dan performa dari baterai drop
  10. Gunakan laptop di tempat kering, jauh dari sinar matahari, jauh dari debu dan jangan gunakan alas yang empuk. Memang sangat nyaman bermain laptop sambil tiduran di atas kasur. Tapi hal ini akan membuat baterai menjadi overheat.
  11. Atur kecerahan layar monitor untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan. Karena seperti yang kita ketahui, semakin terang layar laptop anda maka semakin banyak konsumsi daya tahan baterai yang di perlukan laptop dan daya baterai akan semakin cepat habis.
  12. Hindari melepas baterai apabila tiba-tiba listrik padam, karena dapat mempengaruhi perangkat laptop dan mengakibatkan konsleting hardware.
  13. Segera ganti baterai jika dirasa sudah tidak bisa bekerja secara maksimal. Gantilah dengan baterai yang original. Sesuaikan antara baterai dengan charger lama. Pastikan spesifikasi nya cocok.
  14. Hindari pemakaian laptop yang terlalu lama. Maksimal pemakaian laptop adalah lima jam per hari. Jangan lebih dari itu.
  15. Ada software yang berfungsi untuk menjaga performa baterai. Pakailah software tersebut jika dirasa perlu.
 Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan kita dapat menjaga kesehatan dan keawetan baterai laptop kita.

Sumber:



 



Saturday, October 19, 2013
Posted by Unknown

7 Tempat Terlarang Untuk Meletakkan Handphone


Jaman seperti sekarang ini, ponsel adalah barang yang wajib dimiliki setiap orang, apalagi yang hobi dengan gadget dan teknologi. Nah buat sobat yang punya ponsel, coba deh perhatiin artikel ini, coz ternyata ponsel gak bisa ditaruh ditempat sembarangan. Berikut 7 Tempat Terlarang Untuk Meletakkan Handphone, yaitu :

1. Jangan Taruh Dalam Saku
Bagi para pria yg senang meletakkan ponsel di saku celana, sebaiknya dipikir ulang dech.. Alasannya, ponsel menghasilkan paparan medan elektrostatik & elektromagnetik yang mengakibatkan infertilitas (ketidaksuburan) lelaki.
2. Jangan Letakkan Bersama Barang Elektronik
Jangan gunakan ponsel ketika sinyal lemah dekat dengan barang elektronik berpresisi tinggi. Barang elektronik mengeluarkan medan elektonik yg tinggi yaitu, TV, oven, kulkas, dll.. Perangkat berdaya listrik tinggi dapat merusak sirkuit ponsel terbakar.
3. Dilarang Dekat Kunci Mobil
Dalam keadaan tertentu, ponsel yang digunakan dalam kendaraan akan memberikan dampak merusak terhadap peralatan elektronik kendaraan. Ponsel yang diletakkan terlalu dekat dengan kunci mobil ternyata bisa menghapus kode elektronik yang ada di kunci tersebut.
4. Jangan Posisikan Dekat Komputer
Komputer ponsel sama-sama memancarkan gelombang elektromagnetik. Jika berada dalam jarak yang dekat, maka keduanya akan saling merusak. Anda tidak ingin kan langsung kehilangan dua benda favorit anda ?
5. Jangan Simpan Di Tempat Bersuhu Tinggi
Tempat bersuhu tinggi, kelembaban tinggi, berdebu merupakan kumpulan musuh ponsel anda.. Mungkin anda tdk menyadari sering “menjemur” ponsel anda di dashboard mobil, dekat jendela ; bagasi.
6. Hindari Meletakkan Kartu SIM Dekat Magnet
Bahaya kartu SIM dekat dg benda-benda mengandung magnet karena radiasi yang ditimbulkan. Ponsel bisa merusak floppy disk, kartu memori, kartu kredit anda.
7. Jauhkan Dari Logam
Hindari ponsel dari benda logam kecil karena magnet pada speaker ponsel anda akan menarik benda-benda tersebut. Ponsel anda bisa mengalami cidera fisik/kerusakan.


_^9d Irzavika^_
Thursday, October 17, 2013
Posted by Unknown

Mengenal Sang Penemu

Mungkin masih ada sebagian orang yang belum mengetahui siapa sosok di balik kemajuan pemrograman komputer saat ini, sehingga terciptanya beberapa aplikasi yang sangat membantu hidup orang banyak...seperti aplikasi android, sistem operasi, sosial media, dan aplikasi canggih lainnya. Untuk itu postingan kali ini saya akan mengulas sang penemu tersebut.

ini dia orangnya !

1. Al Khawarizmi: Penemu Algoritma Dan Penemu Angka Nol


Nama lengkapnya adalah Abu Ja’far Muhammad bin Musa al-Khawarizmi. Ia lahir di Khawarizmi, Uzbeikistan pada tahun 194 H/780 M. Ketika ia masih kecil, kedua orangtuanya pindah ke sebuah tempat di selatan kota Baghdad (kalau sekarang disebut Irak).  Di dunia Barat, ia dikenal sebagai Al-Khawarizmi, Al-Cowarizmi, Al-Ahawizmi, Al-Karismi, Al-Goritmi, Al-Gorismi dan beberapa cara ejaan lainnya.

Al-Khawarizmi dikenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep algoritma dalam matematika. oleh sebab itulah konsep ini disebut Algorism/Algoritma yang diambil dari nama belakangnya. Algoritma umumnya digunakan untuk membuat diagram alur (flowchart) dalam ilmu komputer/informatika.

Kepandaian dan kecerdasannya mengantarkannya masuk ke lingkungan Dar al-Hukama (Rumah Kebijaksanaan), sebuah lembaga penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan yang didirikan oleh Ma’mun Ar-Rasyid, seorang khalifah Abbasiyah yang terkenal. Ia juga bekerja dalam sebuah observatory yaitu tempat belajar matematika dan astronomi. Selain itu ia juga dipercaya untuk memimpin perpustakaan khalifah.

Penulis sejarah matematika kenamaan, Goerge Sarton, mengungkapkan bahwa Al-Khawarizmi termasuk salah satu seorang ilmuwan muslim terbesar dan terbaik pada masanya. Sarton menggolongkan periode antara abad ke 4-5 sebagai zaman Al-Khawarizmi, karena ia adalah ahli matematika terbesar pada masanya.

Al-Khawarizmi juga menyusun buku tentang penghitungan waktu berdasarkan bayang-bayang matahari. Al-Khawarizmi meninggal pada 262 H/846 M di Baghdad. Walaupun ia sudah lama meninggal, namun ilmu yang ia hasilkan masih kita gunakan sampai saat ini.

2. Ada Lovelace, Programmer Pertama di Dunia


Augusta Ada King, Countess Lovelace (lahir di London, Inggris, 10 Desember 1815 – meninggal di Marylebone, London, 27 November 1852 pada umur 36 tahun), lahir dengan nama Augusta Ada Byron dan sekarang dikenal dengan nama Ada Lovelace, adalah penulis dan matematikawan Inggris yang terkenal atas karyanya berupa komputer mekanika pertama. Penemuannya atas mesin ini juga termasuk penggunaan algoritma pertama yang dimaksudkan untuk di proses oleh mesin. Atas karyanya ini, ia sering dianggap sebagai programer komputer pertama di dunia.

Ada merupakan putri tunggal penyair Lord Byron (dengan Anne Isabella Byron). Ia tidak pernah berhubungan dengan ayahnya, yang bercerai dengan ibunya sebulan setelah ia lahir, dan empat bulan kemudian, ayahnya meninggalkan Inggris dan wafat di Yunani pada tahun 1823, Ada kecil pun juga jarang mendapat perawatan dan kasih sayang dari ibunya. Ada justru diasuh oleh neneknya, Judith Milbanke, yang memang sangat menyayanginya. Hal itu diperburuk dengan kondisi Ada yang sering sakit-sakitan. Ia pernah lumpuh selama hampir setahun dan harus berjalan menggunakan kruk pada 1831.

Saat Ada berusia 8 tahun. Saat remaja, Ada tertarik pada matematika, dan juga pada mesin analitikal karya Babbage. Antara tahun 1842 dan 1843, dia menerjemahkan sebuah artikel karangan matematikawan Italia Luigi Menabrea mengenai mesin, yang menjadi cikal bakal penemuannya. Kajiannya mengenai artikel ini dianggap sebagai program komputer pertama di dunia — dan juga algoritma pertama yang dikodekan untuk diproses oleh mesin. Karyanya ini berperan penting dalam perkembangan awal komputer.

Pertemuannya dengan Charles Babbage menjadi awal dari kariernya. Babbage sendiri adalah matematikawan Inggris yang pertama kali mengemukakan pendapat tentang komputer yang dapat diprogram. Singkat cerita, Ada tertarik dengan program yang saat itu tengah dijalankan Babbage, yakni Difference Engine. Sebaliknya, Babbage juga kagum dengan intelektual dan bakat menulis Ada. Babbage bahkan memberikan julukan “The Enchantress of Numbers” pada Ada. Keduanya pun lantas menjalin kerjasama.

Ada kemudian membantu Babbage menulis program komputer pertama di dunia yang diciptakan lewat mesin ciptaan Babbage yang bernama Analytical Engine. Dalam hal ini, peran besar Ada adalah menerjemahkan artikel Luigi Menabrea, seorang matematikawan Italia. Ada juga menulis penjelasan awal tentang komputer dan perangkat lunak, serta menambahkan catatan mengenai metode kalkulasi nomor Bernoulli pada mesin yang dikembangkan Babbage tersebut. Karena hal itulah Ada dikenal sebagai programmer komputer pertama di dunia.

Kanker rahim dan pendarahan yang dideritanya membuat Ada meninggal dunia pada 27 November 1852 di usia 36 tahun, yang membuat Ada gagal melanjutkan pengembangannya seputar dunia komputer. Kontribusinya di ilmu pengetahuan  baru saja dibangkitkan, tapi banyak biografer membuktikan pesona Babbage,  “Enchantress of Numbers.” atau “Kekuatan Sihir dari Angka.”

Setidaknya mereka berdualah yang menjadi cikal bakal pemrograman komputer saat ini, Al Khawarizmi sebagai penemu logika pada algoritma dan Ada Lovelace yang memprogram mesin dengan algoritma

keep calm dan keep programming !

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Ada_Lovelace
http://infoislamdaily.blogspot.com/2013/08/al-khawarizmi-ilmuwan-muslim-penemu.html
http://dinikozemake.wordpress.com/misc/ada-lovelace-programmer-pertama-di-dunia-seorang-countess/
http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemu/246-al-khawarizmi-bapak-algoritma-dan-penemu-angka-nol
http://rumahislam.com/tokoh/3-ilmuwan-muslim/72-al-khawarizm.html

Wednesday, October 16, 2013
Posted by R - Ridho

Convert Latitude dan Longnitude ke Geometry di PostreSQL

Bingung mau convert titik koordinat pada peta (latitude dan longnitude) ke Geometry di PostreSQL?

Berikut ada sedikit bantuan bagaimana mengkonvertnya ke geometry dengan bantuan php, yaitu dengan insert data secara manual. Setelah mendapatkan titik koordinat dari alat bantu (GPS), konvert data tersebut. berikut adalah contoh scriptnya :

<html>
<?php
$konek="host=localhost user=postgres dbname=budaya password=1234 port=5432";
$connection=pg_connect($konek);

$sql="INSERT INTO tarian(id, nama, alamat, geom) Values(10,'Sanggar Tari Cahayo Bundo','Sawahan',ST_GeomFromText('POINT(-0.94492 100.37032)')";

$hasil=pg_exec($sql);

if($hasil)
{
  echo"<center><font size=5>Insert Data Berhasil</font></center>";
}
else
     {
        echo"<center><h2>Insert Data Tidak Berhasil</center>";
     }
pg_close($connection);
?>
</html>


Hasil akhir pada postgresql adalah seperti berikut :



@rahmatikaps


Tuesday, October 15, 2013
Posted by Unknown

jQuery Mobile - Untuk Aplikasi Mobile Yang Lebih Baik (Part 1)

Baiklah, pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang sebuah Framework yang bernama "jQuery Mobile". jQuery Mobile merupakan framework hasil pengembangan dari jQuery dan jQuery-UI. Dasar pengembangan jQuery ini adalah untuk memberikan tampilan yang lebih baik dan responsif dari sebuah web ketika dibuka dari lingkungan perangkat berjalan (Mobile).

Pengembangan jQuery mobile ini memang memberikan perhatian lebih pada pemanfaatan fitur-fitur sentuh yang ada pada Smartphone. Misalkan pendeteksian orientasi device, menangkap event "Tap" atau "Tap & Hold". Semua itu memang ditujukan agar pengembangan aplikasi mobile menjadi lebih baik dan memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Kali ini saya akan menjelaskan tentang penggunaan event "Tap" dan "Tap & Hold"

1. Siapkan struktur lengkap dari jQuery seperti gambar berikut.
Integrasikan file-file tersebut ke halaman index.html dengan benar agar jQuery bisa kita gunakan.
2. Buat file index.html yang berisi kodingan berikut.
3. Perhatikan pada saat penulisan ID dari masing-masing element HTML. Perhatikan pada tag Script. Didalam itulah dituliskan jQuery yang akan kita gunakan untuk menerima event Tap dan TapHold. Perhatikan script berikut.
Ini adalah gaya penulisan pada jQuery untuk menghandle event Tap dan TapHold Tersebut. Kemudian akan dijalankan perintah Alert untuk tap dan perintah mobile.changePage untuk TapHold. Apabila teman-teman belum mengerti gaya penulisan pada jQuery, bisa lihat ke Sini atau ke Sini untuk info lebih lengkap mengenai jQuery.

4. Simpan halaman index.html tersebut dan coba akses dari perangkat mobile. Maka hasilnya lebih dan kurang seperti ini.

Untuk perihal lain mengenai data-role, data-icon, header, footer. Akan dijelaskan pada postingan berikutnya...

Kalo ada yang ingin ditanyakan silahkan komen pada Comment Box... :D

Dengan jQuery, Happy Coding!

- Copyright © 2013 Laboratorium Pemrograman dan Basis Data -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -