Posted by : Unknown Tuesday, October 22, 2013


Enterprise Resource Planning (ERP)

Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana ERP itu, yah memang sedikit sih, tapi saya rasa cocok untuk pemula seperti kita.. hehee

oke, here we go :

ERP adalah sebuah sistem informasi   perusahaan yang dirancang untuk   mengkoordinasikan semua sumber daya,   informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk   proses bisnis lengkap.
ERP merupakan software yang   mengintegrasikan semua departemen dan   fungsi suatu perusahaan ke dalam satu sistem   komputer yang dapat melayani semua   kebutuhan perusahaan, baik dari departemen   penjualan, HRD, produksi atau keuangan. 
 
 Contoh ERP :
1. WebERP 
    sistem ERP berbasis web yang hanya membutuhkan web browser dan PDF reader untuk menggunakannya. WebERP mempunyai fitur yang sesuai dengan banyak usaha khususnya bisnis pendistribusian pada grosir dan usaha pendistribusian. Software ini dikembangkan sebagai aplikasi opensource dan dapat diunduh secara gratis.
    Kelebihan WebERP
webERP memiliki berbagai fitur yang cocok untuk mengelola usaha dari bentuk yang berbeda banyak. Dari wajah struktur menu sederhana, proses bisnis yang kompleks mudah diakses - seperti lokasi persediaan beberapa, berbagai mata uang, banyak dan pelacakan nomor seri persediaan - lihat Fitur
WebERP tersedia dalam berbagai macam bahasa
 
   Modul dalam WebERP
GL (General Ledger)
  Kode dari suatu kumpulan rekening/account yang telah dikelompokkan atau digolongkan berdasarkan manfaat, sifat dan tujuan.
AP (Account Payable)
    utang atau kewajiban yang harus dibayar atas suatu barang yang dibeli secara kredit atau sesuatu yang timbul karena adanya transaksi yang mana seseorang atau badan usaha berjanji akan memenuhi kewajibannya di masa akan datang
AR (Account Receivable)
    Tagihan kepada konsumen yang masih memiliki hutang kepada perusahaan atau badan usaha.
Fixed Assets
    Harta milik perseorangan atau perusahaan yang tidak dapat dengan mudah dikonversikan ke dalam bentuk cash. Fixed assets tidak dijual selama bisnis masih berlangsung dan digunakan untuk kepentingan usaha.
Inventory
    suatu aset yang ada dalam bentuk barang-barang yang dimiliki untuk dijual dalam operasi perusahaan maupun barang-barang yang sedang di dalam proses pembuatan.


Nah teman-teman, sekian dulu penjelasan dari saya, mohon maaf apa ada kata yang salah dan sebagianya... thanks


 Penulis :
Devo Frihandana

Twitter :
@devofrihandana






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Laboratorium Pemrograman dan Basis Data -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -