Posted by : Labor Pemrograman dan basisdata SI UNAND Monday, June 17, 2013


Perkembangan pemrograman website saat ini sudah sangat pesat. Sekarang sudah banyak teknologi untuk membuat, mengelola sebuah website. Mulai dari Jquery, ajax, Json semuanya saling berpacu untuk lebih baik. Lebih kepada urgennya sebuah internet, sekarang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Siapa yang tidak punya account facebook? Atau twitter? Semuanya mungkin sudah punya. Maka dari itu, pemrograman web lebih “famous” sekarang. ~~


Apa hubunganya dengan css? Css adalah singkatan dari Cascading Style Sheet. Secara arti kata, cascading artinya penyusunan, style itu corak atau gaya sedangkan sheet berarti artinya lembaran. Kalau kita gabungkan ketiga kata diatas, CSS berarti penyusanan dan pemberian corak /  kepada lembaran. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebuah website itu adalah gabungan dari beberapa lembar halaman yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan manfaat informasi dan komunikasi untuk user / penggunanya. 


Kembali ke css, berdasarkan sebuah artikel yang saya kutip dari Wikipedia, si wiki bilang,
CSS adalah aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

Meskipun bukan sebuah bahasa pemrograman, tapi keberadaan css akan sangat mempengaruhi eksistensi sebuah website, karena selain dari sistem yang teratur dan canggih, seni / keindahan sebuah website juga merupakan salah satu hal yang sangat penting. Bagaimana menggunakan css dalam sebuah script html? Biasanya css bisa ditulis dihalaman / sheet html langsung atau bisa dipisah dan dipanggil kembali ke dalam script.

Berikut contoh penggunaan sebuah css :

Pada contoh tersebut, beberapa fungsi css adalah memberikan warna pada body (halaman website), kemudian memberikan warna dan align / posisi dari sebuah judul (h1) dan untuk tulisan, css bisa merubah warna dan jenis tulisan. Itu adalah contoh sederhana sebuah penggunaan sintak css.
Css digunakan untuk modifikasi tampilan website. Dengan css kita bisa merubah warna, bentuk, mengubah gaya tulisan, setting layout sebuah website. Sekarang, yang terbaru adalah CSS3. Dengan kehadiran HTML 5 dan teknologi jquery, CSS akan lebih menarik lagi.

Misal menampilkan dan menghiddenkan sebuah layout menggunakan jquery:
$(".tombol1").click(function(){
$("#kotak").animate({height:"300px"});
});

Jika ditekan tombol1, maka sebuah div (layout) berukuran 300px akan muncul. Kira-kira seperti itu.

Dimana saja situs untuk belajar css? Salah satu situs untuk belajarnya bisa di w3school.com, kalau yang lebih detail lagi, googling aja banyak kok tutorial-tutorialnya di internet. Asalkan mau aja nyarinya.. sekian dulu postingan dari kami. Semoga bermanfaat ~Ulil Amri~

Referensi : Wikipedia.org                  




{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. Kereeen. Ternyata sekarang jQuerypun udah mempermudah kita dalam melakukan kustomisasi pada layout dan Cascade Style Sheet.
    Kebetulan sekarang saya juga lagi belajar mengenai jQuery.

    :D

    Postingannya informatif, thanks.

    ReplyDelete
  2. Jquery dan CSS mmg membuat tampilan website menjadi lebih menarik (y)

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 Laboratorium Pemrograman dan Basis Data -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -